MEMILIH MACAM MACAM JILBAB SESUAI BENTUK WAJAH

Posted on

Memilih Macam Macam Jilbab Sesuai Bentuk Wajah – Mengenakan jilbab memang menjadi kewajiban yang tidak bisa dihindari bagi seorang muslimah. Namun, selain sebagai kewajiban, seorang wanita memang tampak lebih cantik jika memakai jilbab, apalagi jika Anda mengerti cara memakai jilbab yang benar dan sesuai dengan bentuk muka.

Ya, menggunakan jilbab memang dapat dilakukan sambil mengoreksi wajah sendiri. Apakah wajah Anda termasuk jenis wajah yang bulat, panjang maupun mempunyau pipi yang chubi alias tembem? Seorang muslimah tidak harus mengenakan jilbab dengan selalu mengikuti cara yang digunakan para model dalam sebuah iklan ataupun katalog jilbab. Menurut penuturan Diajeng Lestari, yang merupakan managing director dari HijUp.com, menggunakan jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah tentu saja akan lebih tepat untuk diaplikasikan. Berikut tips memilih macam macam jilbab sesuai bentuk wajah Anda:

Tips memakai jilbab sesuai bentuk wajah

Model jilbab untuk wajah bulat

Untuk Anda yang mempunyai wajah dengan bentuk bulat, sebaiknya memakai jilbab dengan menutupi sebagian dari luar pipi. Gunakan saja bahan loose/jatuh, sehingga nantinya akan memberikan efek wajah yang tampak lebih ramping.

Cara lainnya adalah dengan mengikat rambut Anda jika memiliki rambut panjang, kemudian gunakanlah undercaps, jangan dicepol ataupun dikonde karena nantinya akan memberikan kesan kepala Anda tampak bulat. Ikatlah jilbab, kemudian pada bagian pipi bisa Anda tarik sampai separuh bagian pipi jadi tertutup. Pastikan juga bahwa Anda merasa nyaman serta tidak sesak ya. Berikutnya Anda dapat memasukkan sisa jilbab ataupun menghiasnya dengan memakai bros.

Model jilbab untuk wajah lonjong atau oval atau panjang
Untuk wanita yang mempunyai wajah lonjong atau terkesan panjang, buatlah volume di bagian kepala, misalnya saja gaya turban, atau bisa juga dengan menggunakan inner bandana dengan sebuah aksen bertumpuk. Ini dilakukan untuk dapat menyeimbangkan bentuk wajah.

tips hijab sesuai bentuk wajah

Model jilbab untuk wajah kecil atau sempit

Untuk Anda yang memiliki bentuk wajah yang kecil atau tampak sempit bisa memakai aksen turban. Gunakan saja aksen loose dengan memakai pilihan bahan yang jatuh, dan sebaiknya jangan menutupi bagian pipi Anda, sehingga bagian wajah nantinya bisa stand out.

Model jilbab untuk jidat lebar

Untuk wanita yang memiliki bentuk jidat agak lebar, gunakan inner atau bandana untuk dapat menutupi bagian luar dari sisi kanan dansisi  kiri jidat dengan memakai aksen silang. Ini berfungsi agar memberikan efek jidat menjadi tampak lebih kecil.

Model jilbab untuk pipi chubi atau tembem

Untuk Anda yang memiliki pipi tembem, gunakan saja inner atau bandana dan tutuplah  sampai ke bagian bawah telinga, sehingga inner atau bandana tersebut dapat menutupi sebagian dari sisi atas pipi, dan pakailah jilbab yang berbahan loose. Pipi wanita yang tembem atau chubi juga bisa juga disiasati dengan memakai make up yang mengaplikasikan shadding pada pipi.

Model jilbab untuk wajah persegi

Untuk Anda yang memiliki wajah dengan bentuk persegi sebaiknya memakai jilbab rounded shape yang nantinya akan membingkai wajah jadi lebih lembut dan dapat menghilangkan bagian garis-garis tajamnya. Hindarilah penggunaan warna-warna yang keras dan menyolok. Gunakanlah warna jilbab yang soft atau layer sehingga bentuk wajah Anda akan terlihat lebih full.

Nah, sudah siap memilih macam macam jilbab sesuai bentuk wajah Anda? Secara umum akan lebih baik jika Anda memilih jilbab dengan bahan katun paris sehingga akan terasa lebih nyaman dan tidak panas pada saat dikenakan. Terlebih lagi jilbab yang berbahan katun akan mampu membantu kulit kepala dan juga rambut Anda agar mendapat sirkulasi udara yang cukup.