Doa Setelah Sholat Tahajud, Arab, Latin Dan Terjemahnya

Posted on

Doa setelah sholat tahajud, arab, latin dan terjemah ini dipersembahkan untuk Anda yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah, mengharapkan karunia-Nya yang besar untuk kehidupan di dunia juga akhirat, cepat diijabah segala yang dicita-citakan serta agar bisa asyik masyuk bersama Sang Khalik saat orang lain terlelap. Shalat tahajud merupakan kebiasaan para salafush shalih yang tak pernah mereka tinggalkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menganjurkan pada umatnya untuk membiasakan sholat malam. Bahkan tahajud ini hukumnya wajib bagi Nabi SAW menurut sebagian ulama ahli hadits, sedangkan bagi umatnya adalah sunnah.

 

Dalam sebuah hadist riwayat Imam Muslim disebutkan bahwa sungguh di waktu malam terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim berdoa memohon pada Allah dari kebaikan (urusan) dunianya dan keselamatan di akhiratnya, melainkan Dia akan kabulkan permintaannya tersebut di setiap malam. Tentu keutamaan sholat tahajud ini sangat banyak dan tidak bisa dituliskan disini satu per satu. Namun yang jelas Kita sering mendengar atau membaca kisah dari orang-orang diberi karunia meraih kesuksesan dan keajaiban dalam hidupnya, karena kebiasaan mereka shalat malam dengan konsisten. Di samping, maksimalnya ikhtiyar yang mereka lakukan pada siang harinya.

Bacaan doa setelah sholat tahajud
Bacaan doa setelah sholat tahajud

Berikut ini adalah doa setelah sholat tahajud, arab , latin dan terjemahnya, semoga Kita semua mendapat karunia termasuk orang orang yang diberi kenikmatan dalam melaksanakan sholat malam sebagaimana para ulama dan sholihin di kalangan salafush shalih terdahulu. Doa sholat tahajud ini sudah dilengkapi hamdallah dan shalawat pada bagian awal dan akhirnya agar lebih afdhal. Doa setelah sholat tahajud Bahasa Arab:

doa sholat tahajud
doa sholat tahajud

 

Doa sholat tahajud latin: Bismillaahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi Robbil `Aalamiin. Alloohumma Sholli `alaa Sayyidinaa Muhammadin wa `alaa aalihi wa shohbihii ajma`iin. Alloohumma lakal hamdu anta qoyyuumus samaawaati wal ardhi waman fiihinna, walakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi waman fiihinna, walakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi waman fiihinna, walakal hamdu antal haqq, wa wa`dukal haqq, wa liqoo ukal haqq, wa qoulukal haqq, wal jannatu haqq, wannaru haqq, wa nabiyyuuna haqq, wa muhammadun shollaloohu `alaihi wa sallama haqq, was saa`atu haqq. Alloohumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa `alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoosomtu, wa ilaika hakamtu, faghfirlii maa qoddamtu, wamaa akhkhortu, wamaa asrortu, wamaa a`lantu, wamaa anta a`lamu bihii minnii, antal muqoddimu wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illaa anta, walaa haula walaa quwwata illaa billaah. Wa shollaloohu `alaa Sayyidinaa Muhammadin wa `alaa aalihii wa shohbihii wa sallam. Walhamdulillaahi robbil `aalamiin.

 

Arti atau terjemah doa sholat tahajud diatas: Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam , Yaa Allah limpahkanlah rahmat(Mu) kepada junjungan kami Muhammad, keluarganya serta seluruh sahabatnya. Duhai Allah! BagiMulah segala puji, Engkau adalah cahaya langit & bumi juga seisinya. BagiMulah segala puji, Engkaulah yang mengurusi langit & bumi serta seisinya. BagiMulah segala puji, Engkaulah Tuhan penguasa langit, bumi & seisinya. BagiMulah segala puji dan milikMu kerajaan di langit, bumi & seisi-nya. BagiMulah segala puji, Engkau Maha Benar, janji-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, bertemu dengan-Mu (di akhirat) adalah nyata, Surga adalah nyata (adanya), Neraka adalah nyata (adanya), (diutusnya) para nabi itu benar, (diutusnya) Muhammad SAW adalah benar (dari-Mu), peristiwa di hari kiamat adalah nyata. Duhai Allah, kepadaMulah aku berpasrah, kepadaMulah aku bertawakal, kepadaMulah aku beriman, kepadaMulah aku kembali (bertaubat), dengan pertolonganMu aku (mampu) berdebat (dengan orang-orang kafir), kepadaMulah (dan dengan ajaranMulah) aku menjatuhkan hukum. Sebab itu, ampunilah dosa dosaku yang lalu & yang akan datang. Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada lagi Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, Engkaulah Tuhanku, tak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Dan shalawat salam semoga selalu tercurah pada junjungan Kami Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.

 

Sebelum membaca doa setelah sholat tahajud diatas, setelah melaksanakan shalat tahajud sebaiknya terlebih dulu Anda banyak membaca istighfar sambil merenungi segala kekurangan diri dihadapan Allah, menyesal atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan bertekad kuat untuk tidak mengulanginya kembali. Selain itu, Anda juga sebaiknya banyak membaca shalawat pada Nabi SAW, sebelum ataupun sesudah membaca doa sholat tahajud diatas. Amalan lainnya yang sangat baik dilaksanakan diwaktu malam adalah banyak membaca Al-Quran. Semoga dengan konsisten melaksanakan qiyamulail, Allah menempatkan Kita pada kedudukan yang mulia dan terpuji di dunia dan akhirat sebagaimana janjinya dalam QS. Al-ayat 79.