8 TIPS AGAR ANAK MEMAKAI JILBAB SEJAK DINI

Posted on

8 tips agar anak memakai jilbab sejak dini ini sangat penting bagi Anda, terutama yang sudah mempunyai buah hati agar dapat mengajak anak secara menyenangkan untuk membiasakan dirinya menggunakan hijab. Anak anak pada umumnya banyak bergerak & mudah gerah, sehingga terkadang agak sulit juga untuk dibiasakan memakai hijab. Padahal mungkin banyak Bunda yang menginginkan anak perempuannya berjilbab sejak masih kecil.

Namun Anda bisa menggunakan 8 tips agar anak memakai jilbab sejak dini ini dengan cara yang menyenangkan untuk dapat membiasakan si kecil menggunakan jilbab. Yuk coba terapkan beberapa tips ini ya.

8 tips agar anak memakai jilbab sejak dini
8 tips agar anak memakai jilbab sejak dini
(Image: aliexpress.com)

Usia Anak Menggunakan Jilbab

Kenalkan kepada anak Anda mengenai jilbab sedini mungkin. Lakukanlah dengan cara bertahap mulai sejak balita. Misalnya saja membiasakan anak menggunakan pakaian atau baju yang panjang, menggunakan sebuah kerudung, kemudian nantinya mulai menggunakan jilbab seutuhnya.

Memilih Bahan Pakaian Anak

Pilihlah bahan pakaian yang menyerap keringat. Sesuaikanlah dengan gerak anak Anda. Misalnya anak yang aktif biasanya lebih cocok jika menggunakan bahan kaos atau katun yang dapat menyerap keringat dengan mudah. Sehingga anak Anda nantinya tidak akan kepanasan saat menggunakan jilbab maupun baju muslim mereka.

Model Pakaian Yang Simple Dulu

Anak-anak tidak suka terlalu ribet. Pilihlah model pakaian anak yang sederhana. Misalnya dengan sebuah kerudung instan & baju terusan panjang ataupun busana muslim dua potong. Pilihlah baju dengan warna yang difavoritkan anak, bagus juga apabila Anda bisa memilihkan baju muslim dengan pola atau model yang disukai oleh si buah hati.

Biasakan Berjilbab Saat Keluar Rumah

Pastikan anak Anda selalu dalam keadaan berjilbab saat keluar rumah. Berikan arahan dengan bahasa yang bisa difahaminya mengenai pakaian yang boleh digunakan saat ia di dalam & di luar rumah.

Berikan Pujian

Berikan pujian Anda saat anak menggunakan jilbabnya. Bukan sekedar karena bajunya yang bagus, namun Anda juga harus mendukungnya secara positif dari sisi secara psikologisnya. Misalnya dengan mengatakan pada si buah hati: Pinter & cantik banget deh anak Bunda kalau pakai jilbab.

Beri Pengarahan Seiring Usia

Jangan lupa bahwa anak Anda nantinya akan beranjak de-wasa & semakin lama mereka juga akan semakin kritis saat melihat teman-teman sekitarnya. Ajaklah anak mengetahui lebih dalam lagi tentang kewajiban berjilbab ini bagi muslimah sesuai dengan kemampuan berfikir dan usianya. Misalnya saat anak masuk SD, terangkan kengapa dia harus memakai jilbab. Kemudian berikan lagi arahan yang lebih mendalam pada saat dia mulai menginjak usia baligh atau remaja.

Berikan Anak Contoh

Sekeras apapun usaha Anda mengajak anak dan mengajarkannya berjilbab tentu tidak akan efektif jika Anda sendiri sebagai ibunya belum berjilbab atau terkadang masih melepas hijab saat akan keluar rumah. Jadilah contoh yang baik untuk anak perempuan Anda agar ia bisa melihat sendiri bagaimana cara ibunya berhijab.

Do’akan Anak Anda

Jangan lupa untuk selalu memohon kepada Allah agar si buah hati senantiasa dibimbing Allah dalam setiap langkahnya & agar ia selalu istiqamah dengan hijabnya serta agar dijadikan anak yang shalihah yang menjadi kebanggaan orang tuanya. Tanpa pertolongan Allah, tentu tidak akan mudah mengajarkan anak perempuan berhijab, namun semua akan terasa sangat mudah jika pertolongan dan petunjuk-Nya menyertai Anda dan si buah hati. Lihat juga: Tafsir Ayat Al-Quran Tentang Hijab.

Itulah 8 tips agar anak memakai jilbab sejak dini, dengan ini semoga saja si kecil mulai terbiasa menggunakannya. Tidak ada salahnya Anda mengajarkan anak tentang nilai-nilai agama mulai dari hal yang cukup sederhana seperti pakaian.