6 TIPS KEBAYA AKAD PERNIKAHAN MUSLIMAH

Posted on

6 tips kebaya akad pernikahan muslimah ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena saat ini, banyak sekali para wanita yang berkomitmen untuk memakai jilbab. Tentu minat terhadap kebaya yang digunakan dalam akad nikah muslimah juga melonjak tajam.

Berbagai desain dan juga model kebaya pengantin muslimah kini sudah beredar cukup luas di pasaran. Sebagai konsumen dan sekaligus calon pengantin, sebaiknya Kamu tidak sembarangan memilih model kebaya pengantin muslimah untuk akad nanti.

Sebagai pengguna hijab, Kamu harus lebih cermat & bijak di dalam memilih kebaya untuk acara akad nikah nanti. Ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya memilih model kebaya pengantin muslimah untuk akad nanti. Berikut 6 tips kebaya akad pernikahan muslimah yang perlu Kamu pertimbangkan saat memilihnya.

6 tips kebaya akad pernikahan muslimah
Image: nibinebu.com & kebayamodern.info

Pilih yang sesuai syariat

Pemilihan kebaya yang desainnya sesuai dengan syariat Islam adalah yang utama, yaitu tanpa memperlihatkan aurat serta lekuk tubuh dengan jelas menjadi salah satu acuan di dalam memilih sebuah kebaya akad nikah muslimah. Penggunaan jilbab atau kerudung juga harus Kamu perhatikan, agar bagian tubuh Kamu seperti leher, rambut serta bagian telinga tidak sampai terlihat orang lain. Kamu juga dapat memakai manset sebagai dalaman kebaya yang berbahan tile.

Pilih kebaya yang sesuai umur

Nilai estetika dari baju kebaya tetap harus menjadi pertimbangan dalam memilih. Oleh sebab itu, pilihlah baju kebaya sesuai dengan usia. Untuk Kamu yang berusia muda, kebaya dengan tambahan detail bordir, kombinasi payet dan juga batu Kristal, serta memakai corak warna terang dan memeberi kesan berani akan memperlihatkan jiwa muda Kamu.

Sebaliknya, bagi Kamu yang sudah tidak muda lagi, kebaya yang sederhana dengan aksesorisnya yang tidak terlalu mencolok akan menambah sebuah kesan karismatik & elegan pada diri Kamu.

Pilih warna yang sesuai

Warna yang sesuai untuk sebuah kebaya akad nikah muslimah biasanya warna putih. Kita semua tentu mengetahui bahwa warna putih mampu menambah kesakralan & kesucian acara pernikahan. Namun, tidak ada salahnya juga mencoba warna lain yang tetap tampak soft demi menjaga kekhidmatan acara.

Kabaya yang sesuai postur tubuh

Kenali dulu postur tubuh Kamu sebelum memilih kebaya akad pernikahan muslimah. Untuk yang punya tubuh mungil dianjurkan untuk memilih baju kebaya sepanjang pinggang dengan bagian kerah terbuka. Tubuh yang tinggi & kurus lebih fleksibel, Kamu bebas menentukan panjang baju kebaya yang akan dipakai.

Berbeda halnya dengan dengan tubuh chubby atau gemuk. Kebaya akad nikah muslimah untuk yang tubuh gemuk sebaiknya mempunyai panjang sepaha, potongan bagian bawah berbentuk V, serta berkerah bentuk V juga atau sabrina. Tentu saja sebaiknya mengenakan manset sebagai dalaman ya.

Jangan lupa mencobanya terlebih dulu

Cobalah terlebih dahulu gaun kebaya yang akan Kamu pilih untuk dapat melihat kesesuaiannya dengan tubuh Kamu. Jangan lupa juga untuk mengenakan jilbab & bawahannya untuk mendapatkan keserasian.

Kebaya Pengantin Muslimah Berhijab
Image: busanamuslimodern.com & busanamuslimodis.com

Tanyakan pendapat orang lain

Bagus di mata sendiri belum tentu bagus juga di mata orang lain bukan. Oleh karena itu ajaklah teman atau saudara Kamu yang mengerti tentang kebaya ataupun fashion untuk dimintai pendapat pada model kebaya pengantin muslimah pilihan Kamu. Jangan takut untuk selalu menerima saran dan kritik dari mereka ya. Lihat juga: 6 Contoh Hijab Pernikahan Terbaru.

Ternyata, memilih gaun kebaya akad nikah muslimah bukanlah merupakan perkara yang gampang. Selain untuk tetap tampil cantik & pantas, syariat Islam juga pastinya harus tetap dijaga. Nah, dengan 6 tips kebaya akad pernikahan muslimah ini semoga sekarang Kamu tidak lagi pusing dalam memilihnya ya! (Source: Vemale)