4 TIPS BERHIJAB UNTUK IBU YANG MEMILIKI BAYI

Posted on

Bagi seorang ibu yang memiliki bayi, tentu tidak bisa memakai jilbab dengan sembarangan, karena agar lebih mobile dan tetap aman serta nyaman saat mengasuh si kecil, diperlukan beberapa cara atau tips tersendiri. Misalnya saja penggunaan aksesoris hijab yang seringkali dipakai dan bisa berbahaya bagi bayi adalah jarum pentul atau peniti yang bagian ujung runcingnya cukup riskan saat menggendong si buah hati.

 

Oleh sebab itu, Kita harus memilih jenis hijab dan cara penggunaannya yang sesuai dengan kebutuhan ibu. Kenyamanan saat berhijab harus diutamakan bagi para ibu yang memiliki balita agar tetap menjalankan perintah Agama sekaligus dapat melakukan berbagai aktifitas tanpa terganggu. Intinya, cara memakai hijab untuk seorang ibu yang masih mempunyai bayi harus lebih simple dan tidak memakai tambahan aksesoris yang berbahaya untuk anak. Berikut beberapa tips berhijab untuk ibu yang memiliki bayi.

tips berhijab untuk ibu yang memiliki bayi
Image: greenprophet.com

 

Style Jilbab Yang Simple

Menjadi ibu dengan anak yang masih kecil bukanlah merupakan hal yang mudah, bahkan bagi beberapa orang bisa dikatakan sangat sulit. Banyak aktifitas yang harus kita lakukan saat di rumah dan sekitarnya. Misalnya seperti berbagai pekerjaan rumah tangga yang tetap harus diselesaikan, mengurus keperluan bayi, hingga menemani si kecil jalan jalan keliling taman atau komplek sekitar rumah sambil mendorong kereta bayi dan aktifitas lainnya.

 

Apalagi jika Kamu harus bepergian agak jauh dari rumah dan memiliki bayi yang baru lahir, tentu berbagai keperluan serta perlengkapan bayi baru lahir tidak boleh ketinggalan bukan untuk menjaga kenyamanan si buah hati? Dan ini membuat seorang ibu akan semakin ribet jika memakai hijab yang tidak simple.

 

Untuk memudahkan Kamu dalam beraktivitas, pakailah hijab instan atau boleh juga memakai hijab segi empat, pashmina atau segitiga dengan gaya simple yang simple, tidak banyak memakai jarum & tidak usah banyak lipatan yang berbelit belit. Tutorialnya sudah banyak di internet dan bisa Kamu cari sendiri.

 

Pakailah Bahan Yang Tepat

Banyaknya berbagai aktivitas yang dijalani oleh seorang ibu, terutama mereka yang masih punya bayi membuatnya harus lebih cerdas dalam memilih bahan hijab. Banyak jenis bahan yang digunakan untuk membuat hijab. Beberapa jenis kain yang sering digunakan diantaranya sepeti katun, shifon, balloteli, wolvis dan lainnya. Setiap bahan punya karakteristik yang berbeda-beda.

 

Pilihlah bahan hijab dari kain yang nyaman, mudah dalam menyerap keringat, gampang dibentuk namun tetap bisa terlihat elegan saat dikenakan, misalnya seperti katun, silk atau voile agar tetap adem serta tidak mengganggu aktivitas, demikian juga saat Kamu memilih klip hijab. Pastikan memilih bahan yang tidak tidak membuat Anda mudah gerah terutama saat cuaca panas.

 

Pakai Baju Dalam Untuk Menutupi Perut

Menjadi seorang ibu yang memiliki bayi tentu harus memenuhi kebutuhan buah hatinya, yaitu di manapun berada harus tetap bisa memberikan ASI untuk si kecil demi menjaga kecukupan nutrisinya.

 

Pakailah baju dalaman seperti thank top setiap kali Kamu bepergian ke luar rumah. Ini akan membuat Kamu lebih mudah jika bayi ingin menyusu di tempat umum. Baju dalaman ini berguna untuk menutupi bagian perut saat menyusui. Pilihlah baju dalaman yang nyaman, tipis tapi tidak transparan dan bahannya yang dapat menyerap keringat dengan baik agar Anda selalu merasa nyaman saat menyusui.

 

Minimalisir Penggunaan Jarum

Memakai hijab sering kali membutuhkan beberapa aksesoris tertentu yang biasanya disematkan untuk membantu pemakaiannya. Dan yang sering digunakan tentunya jarum pentul atau peniti untuk dapat mempertahankan posisi hijab. Jarum pentul ini ujungnya tajam, sehingga berbahaya bagi bayi, terutama saat Kamu menggendongnya. Oleh karena itu, gunakanlah aksesoris lain yang tidak berbahaya bagi si kecil, atau jika belum bisa sebaiknya Kamu meminimalisir penggunaannya. Lihat juga: Cara Memakai Hijab Tanpa Jarum Pentul & Peniti.

 

Nah, semoga beberapa tips behijab untuk ibu yang memiliki bayi ini bisa membantu para ibu agar tetap nyaman dalam menjalani segudang aktifitas kesehariannya. Tetap jalankan perintah-Nya untuk berhijab namun tetap nyaman dan aman dalam mengaplikasikannya.